Home » , » Membuat 2 Tipe Penomoran Halaman yang Berbeda di Microsoft Word

Membuat 2 Tipe Penomoran Halaman yang Berbeda di Microsoft Word

Written By tria xc on October 5, 2012 | 3:51 PM

Ini pernah terjadi pada saya mungkin sobat juga pernah mengalaminya ketika membuat halaman, yaitu terdapat dua atau lebih tipe halaman yang berbeda. Misalnya, bagian awal halaman dokumen menggunakan format huruf (i,ii,iii dan seterusnya) dan tipe halaman lainnya adalah angka (1,2,3, dan seterusnya). Anda bisa membuat tipe halaman yang berbeda dengan menggunakan Page Break dan ditambah dengan mengubah format penomoran halaman (Format Page Numbers). Nah sekarang, bagaimana cara membuat dua tipe penomoran halaman yang berbeda di Microsoft Word.


Cara membuat dua tipe penomoran halaman yang berbeda di Microsoft Word adalah sebagai berikut:
Mulailah dengan membuat halaman Judul.




Setelah selesai membuat halaman judul, buatlah Page Break agar halaman judul beda Section dengan halaman selanjutnya. Alasannya: halaman judul tidak akan diberi nomor halaman dan halaman setelahnya akan dimulai penomoran halaman dengan format huruf.



Tambahkan dua halaman, yaitu Kata Pengantar dan Daftar Isi. Tambahkan halaman kata pengantar terlebih dahulu sampai selesai.



Kemudian buat halaman baru dengan cara klik menu Insert > Blank Page. Kemudian buatlah halaman Daftar Isi. Stelah selesai buatlah Page Break lagi. Alasan: setelah halaman daftar isi Anda akan membuat halaman Pendahuluan dengan format nomor halaman 'angka'.


Selanjutnya, buatlah halaman Pendahuluan.




Anggap semua halaman sudah selesai dibuat. Sekarang pindah ke halaman Kata Pengantar untuk mulai membuat penomoran halaman. Kemudian klik menu Inser > Page Number > Format Page Numbers. Pada jendela Format Page Numbers, isikan sesuai pada gambar di bawah ini, yang tujuannya menentukan format penomoran halaman. Isikan number format dengan "i,ii,iii,..." dan Start at "i".



Klik OK. Kemudian mulai membuat penomoran halaman pada halaman Kata Pengantar dengan cara klik menu Insert > Page Number > Bottom of Page > Plain Number 3.



Sekarang penomoran halaman pada halaman Kata Pengantar dan Daftar Isi sudah dengan format "i,ii,iii,...". Selanjutnya Anda tinggal mengatur pada Section terakhir, yaitu pada halaman Pendahuluan. Pindahlah ke halaman Pendahuluan, kemudian klik menu Insert > Page Number > Format Page Numbers. Pada jendela Format Page Numbers, ubahlah format halaman sesuai pada gambar di bawah ini. Isikan format number dengan "1,2,3,..." dan Start at "1".



Selesai. Sekarang coba cek format penomoran di masing-masing halaman, apakah sudah sesuai? Pada Microsoft Word 2010, Anda bisa melihat di tampilan Tumbnails halaman dokumen, terlihat bahwa halaman Daftar Isi dan Pendahuluan berbeda format dan berarti sudah sesuai dengan keinginan.


Semoga berhasil :)

Sumber:egimana
Share this article :

Post a Comment

Blog Do Follow :)
leave a comment please !
just comment, doesn't spam.